Serba Serbi

  • 6 Makanan penting agar warna kulit lebih cerah

    By Lika Aprilia Samiadi  Friday March 11, 2011 06:42 pm WIT
  • Percuma saja menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk produk pencerah kulit jika tak melakukan perawatan dari dalam. Dengan nutrisi yang baik, kulit jadi sehat dan otomatis terlihat lebih cerah. Makanan apa saja yang wajib dikonsumsi supaya kulit tak lagi gelap dan kusam?

    1. Jeruk
    Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk bali, merupakan sumber vitamin C yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam tubuh kita, yang berfungsi untuk mengurangi kerutan dan menghambat penuaan kulit. Ia juga dipercaya dapat memperlambat produksi melanin, pigmen yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Usahakan mengkonsumsi jeruk segar satu kali dalam sehari. Selain jeruk, tomat juga merupakan buah yang kaya vitamin C.

    2. Sayuran berwarna merah dan hijau
    Bayam, wortel, brokoli, dan kawan-kawannya mengandung banyak beta-carotene yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit. Selain mencegah kerusakan sel, beta-carotene juga akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berguna untuk memerangi jerawat, memproduksi sel kulit baru, dan membuat warna kulit terlihat cerah dan muda. Akan lebih baik jika vitamin A kita dapatkan langsung dari makanan dan bukan dari suplemen vitamin, karena kelebihan vitamin A justru dapat mengganggu kesehatan kita.

    3. Ikan
    Makhluk air ini kaya akan asam lemak Omega-3 yang merupakan resep utama untuk kulit yang cerah cemerlang. Selain itu, mengkonsumi sarden, tuna, atau salmon yang kaya protein dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi. Protein yang terkandung di dalamnya membantu reproduksi sel dan membuat kulit terlihat bercahaya.

    4. Alpukat
    Alpukat adalah sumber vitamin E. Ia berguna untuk menghambat penuaan dan membersihkan kulit dari segala noda seperti bekas jerawat, flek hitam, dan masalah lain. Mengonsumsi alpukat secara teratur juga akan mencegah kulit menjadi kendur seiring bertambahnya usia.

    5. Gandum
    Bisa didapat dalam bentuk sereal maupun roti, gandum mengandung biotin yang berfungsi membantu sel tubuh memproses lemak. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kulit kering dan terlihat kusam.

    6. Minyak zaitun
    Makanan paling sehat untuk kulit? Salad buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap. Minyak ini mengandung asam lemak yang esensial untuk membuat kulit terlihat cerah, bercahaya, dan sehat.

    • By Ayu Kinant Memerangi Jerawat membandel
    • Timbulnya jerawat di wajah sering kali menganggu penampilan serta menghilangkan kepercayaan diri. Namun tak jarang, produk perawatan yang ditawarkan di pasaran tak mampu menghentikan timbulnya jerawat.

      Daripada mengobati, lebih baik mencegah timbulnya jerawat tersebut dengan cara alami. Kuncinya ada di gaya hidup kita. Simak caranya dalam enam langkah yang dikutip dariCarefair.com berikut ini.

      1. Perbanyak makan bawang putih
      Bawang putih dapat menghancurkan bakteri merugikan di pori-pori kulit. Selain itu bawang putih juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, temasuk kulit. Sehingga timbulnya jerawat pun dapat dicegah.

      2. Sinari kulit dengan matahari
      Kulit memerlukan sinar matahari supaya terjaga kesehatannya sehingga sel-selnya dapat aktif secara sempurna. Biarkan kulit terkena sinar matahari pagi paling tidak 15 menit setiap harinya.

      3. Olahraga dan tidur cukup
      Stres yang Anda alami setiap hari juga akan memicu ketidakseimbangan hormon dan berakhir pada timbulnya jerawat. Olahraga dan tidur yang cukup akan membantu tubuh menstabilkan kembali hormon-hormon Anda.

      4. Cuci muka dengan air hangat
      Jerawat bisa timbul karena kotoran yang mengendap di pori-pori. Air hangat akan membuat pori-pori terbuka untuk sementara, sehingga sabun khusus wajah Anda bisa membersihkan kulit secara maksimal. Setelah bersih, basuh kembali wajah Anda dengan air biasa, agar pori-pori kembali menutup.

      5. Bersihkan tubuh dari racun
      Makanan yang kurang bersih dan polusi yang kita alami setiap hari dapat menjadi racun dan merangsang timbulnya jerawat di kulit. Cara membuang racun (detoksifikasi) yang alami adalah dengan meminum air putih yang cukup setiap hari. Racun-racun yang mengendap di dalam tubuh akan keluar bersama kotoran dan keringat, sehingga jerawat pun tak timbul.

      Mudah bukan?

      • 4 langkah menanggulangi kulit ketiak yang Hitam

        By Ayu Kinanti
      • Memiliki kulit ketiak yang hitam terkadang membuat wanita kurang percaya diri. Tapi ada kiat-kiat untuk membuat kulit ketiak menjadi lebih putih dan halus. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

        Pertama-tama yang perlu disadari adalah, kulit ketiak merupakan salah satu kulit yang paling sensitif. Untuk itu merawatnya pun butuh perhatian khusus. kiat-kiat merawat kulit ketiak yang dikutip dari carefair ini bisa membantu Anda.

        1. Pengelupasan
        Kulit hitam di daerah ketiak bisa jadi merupakan kumpulan sel kulit mati. Untuk itu, yang harus Anda lakukan adalah membuang semua sel kulit mati tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Beberapa produk kecantikan menyediakan krim khusus kulit ketiak yang bisa Anda gunakan. Secara alami, pengelupasan juga bisa dilakukan dengan menggosok kulit ketiak menggunakan spons mandi atau loofah. Dengan menggosoknya, akan memancing sel-sel kulit membentuk lapisan baru yang telah rusak.

        2. Memilih pisau cukur

        Bulu-bulu ketiak yang tidak tercukur dengan sempurna akan menghambat pori-pori dan membuat kulit di sekitarnya menghitam. Untuk menghindarinya, pilihlah pisau cukur yang berkualitas. Jangan pernah menggunakan pisau tumpul saat mencukur bulu ketiak. Waxing juga bisa menjadi jalan keluar yang baik, karena metode ini bisa mencabut bulu ketiak hingga ke akar, sehingga tidak tertinggal di kulit ketiak Anda.

        3. Memilih deodoran

        Deodoran pilihan Anda bisa jadi merupakan penyebab menghitamnya kulit di sekitar ketiak. Mungkin kandungan di dalamnya tidak sesuai dengan kulit Anda sehingga membuatnya menjadi hitam. Daripada berisiko, Anda bisa mencegah bau ketiak dengan ‘deodoran alami’. Setelah mandi, gunakanlah baking soda di ketiak Anda. Baking soda juga bisa membunuh bakteri penyebab bau tidak sedap di ketiak.

        4. Memutihkan kulit
        Beberapa merek produk kecantikan juga mengeluarkan pemutih khusus kulit ketiak. Anda juga bisa mencobanya sebagai solusi. Ingin yang alami? Gunakan perasan jeruk lemon di ketiak Anda setiap mandi. Perasan jeruk lemon adalah bahan pemutih kulit yang alami.

        Selamat mencoba!

        • By Gembira Putra Agam  Friday December 16, 2011 03:35 pm WIT
        • Model rambut berponi seperti tidak lekang ditelan zaman. Dari kecenderungan tersebut, banyak selebritas manca negara membiarkan rambutnya berponi. Kesan sederhana, feminin, dan manis saat rambut berponi dapat berpadu di berbagai kesempatan; resmi maupun kasual.

           

          Saat poni sudah sulit diatur, memotongnya dengan rapi merupakan tantangan. Karena walaupun terlihat sederhana, pemotongan poni nyatanya membutuhkan kecermatan dan trik-trik khusus agar hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

          Tips dari Yahoo! Style Factor di bawah ini dapat membantu Anda saat memutuskan ingin memotong poni rambut sendiri.

          Gunting dan sisir halus yang bersih
          Higienis adalah kunci bagi semua proses yang berhubungan dengan tubuh Anda. Menggunakan gunting dan sisir yang bersih memastikan bahwa proses pemotongan ini juga bebas dari debu, kuman, dan bakteri yang tidak diinginkan. Selain itu, kebersihan gunting dan sisir juga memudahkan Anda memotong poni. Gunting tidak tersendat saat digunakan, sisir pun juga dengan maksimal mampu mengatur rambut Anda sesuai arah yang Anda inginkan.

          Keringkan rambut terlebih dahulu
          Menurut Nic Davis, hairdresser Earth, Inggris, Anda dapat melihat sealami apa poni rambut Anda terjuntai ke bawah saat rambut sedang kering. Anda juga dapat menentukan seberapa banyak poni yang akan dipotong dari juntaian rambut tersebut.

          Sesuaikan dengan kecenderungan arah rambut Anda tumbuh
          Anda diharuskan melihat kecenderungan rambut Anda berponi ke arah kiri atau kanan, bisa juga lurus. Cara sederhananya adalah sisir rambut Anda ke bagian atas, dan lihat bagian dalamnya (tepat di atas dahi). Pada proses ini, jangan ditarik, tapi arahkah ke atas dengan sederhana. Ikuti ke mana kecenderungan rambut Anda tumbuh. Kalau rambut Anda terjuntai lurus ke bawah, posisi tangan Anda juga mesti diletakkan horizontal sesuai angle untuk menahan dan menjepit bagian yang akan dipotong. Kalau sedikit miring, tahan rambut tersebut juga dengan kemiringan yang sesuai dengan arahnya.

          Pisahkan bagian tepi 
          Setelah menentukan bagian mana yang akan dipotong. Bagian tepi sebaiknya diamankan posisinya. Beberapa cara yang sering dipakai adalah menggunakan penjepit rambut atau mengikatnya sekalian ke arah belakang bersama dengan bagian rambut Anda yang lain (ponytail). Cara paling sederhana, tapi tidak begitu direkomendasikan, adalah meletakkannya di belakang telinga.

          Perhatikan teknik memotongnya
          Sudah menonton Dumb and Dumber? Ingat kan bagaimana tatanan poni Jim Carrey di film tersebut. Daripada berakhir terlihat bodoh seperti itu, Mackenzie Brown dari Marie Claire menyarankan bahwa posisi gunting harus vertikal. Anggapan bahwa memotong poni dengan posisi gunting horizontal malah membuat tampilan poni terlalu kaku.

          Berapa banyak yang harus dipotong?
          Itu bergantung Anda. Untuk itu, cari referensi di internet mengenai bentuk poni yang bagus untuk bentuk wajah Anda. Dilansir dari Fashionising, salah satu tren rambut yang akan naik pada tahun depan adalah potongan poni sangat pendek. Itu berarti Anda harus menggunting lebih banyak. Jangan terburu-buru dalam memotong. Perhatikan bahwa satu guntingan hanya berukuran seperempat inci agar hasilnya lebih natural.

          Mulailah dari tengah
          Untuk menghindari potongan yang bersisa dan mengganggu penampilan, potonglah poni dari tengah. Lakukan ini dengan cermat dan hati-hati.

One response to “Serba Serbi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s