Sesungguhnya semua ilmu itu milik Allah, Kita hanya diberikan sedikit ilmu saja itu juga agar kita tambah beriman bukan menjasikan kita sombonga. Ilmu yang dititipkan olehNya harulah bermanfaat untuk semua orang,

Pacaran Menurut Islam


Islam Kok Pacaran

oleh Aliman Syahrani

Soal pacaran di zaman sekarang tampaknya menjadi gejala umum di kalangan kawula muda. Barangkali fenomena ini sebagai akibat dari pengaruh kisah-kisah percintaan dalam roman, novel, film dan syair lagu. Sehingga terkesan bahwa hidup di masa remaja memang harus ditaburi dengan bunga-bunga percintaan, kisah-kisah asmara, harus ada pasangan tetap sebagai tempat untuk bertukar cerita dan berbagi rasa.

Selama ini tempaknya belum ada pengertian baku tentang pacaran. Namun setidak-tidaknya di dalamnya akan ada suatu bentuk pergaulan antara laki-laki dan wanita tanpa nikah.

Kalau ditinjau lebih jauh sebenarnya pacaran menjadi bagian dari kultur Barat. Sebab biasanya masyarakat Barat mensahkan adanya fase-fase hubungan hetero seksual dalam kehidupan manusia sebelum menikah seperti puppy love (cinta monyet), datang (kencan), going steady (pacaran), dan engagement (tunangan).

Bagaimanapun mereka yang berpacaran, jika kebebasan seksual dalam pacaran diartikan sebagai hubungan suami-istri, maka dengan tegas mereka menolak. Namun, tidaklah demikian jika diartikan sebagai ungkapan rasa kasih sayang dan cinta, sebagai alat untuk memilih pasangan hidup. Akan tetapi kenyataannya, orang berpacaran akan sulit segi mudharatnya ketimbang maslahatnya. Satu contoh : orang berpacaran cenderung mengenang dianya. Waktu luangnya (misalnya bagi mahasiswa) banyak terisi hal-hal semacam melamun atau berfantasi. Amanah untuk belajar terkurangi atau bahkan terbengkalai. Biasanya mahasiswa masih mendapat kiriman dari orang tua. Apakah uang kiriman untuk hidup dan membeli buku tidak terserap untuk pacaran itu ?

Atas dasar itulah ulama memandang, bahwa pacaran model begini adalah kedhaliman atas amanah orang tua. Secara sosio kultural di kalangan masyarakat agamis, pacaran akan mengundang fitnah, bahkan tergolong naif. Mau tidak mau, orang yang berpacaran sedikit demi sedikit akan terkikis peresapan ke-Islam-an dalam hatinya, bahkan bisa mengakibatkan kehancuran moral dan akhlak. Na’udzubillah min dzalik !

Sudah banyak gambaran kehancuran moral akibat pacaran, atau pergaulan bebas yang telah terjadi akibat science dan peradaban modern (westernisasi). Islam sendiri sebagai penyempurnaan dien-dien tidak kalah canggihnya memberi penjelasan mengenai berpacaran. Pacaran menurut Islam diidentikkan sebagai apa yang dilontarkan Rasulullah SAW : “Apabila seorang di antara kamu meminang seorang wanita, andaikata dia dapat melihat wanita yang akan dipinangnya, maka lihatlah.” (HR Ahmad dan Abu Daud).

Namun Islam juga, jelas-jelas menyatakan bahwa berpacaran bukan jalan yang diridhai Allah, karena banyak segi mudharatnya. Setiap orang yang berpacaran cenderung untuk bertemu, duduk, pergi bergaul berdua. Ini jelas pelanggaran syari’at ! Terhadap larangan melihat atau bergaul bukan muhrim atau bukan istrinya. Sebagaimana yang tercantum dalam HR Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas yang artinya: “Janganlah salah seorang di antara kamu bersepi-sepi (berkhalwat) dengan seorang wanita, kecuali bersama dengan muhrimnya.” Tabrani dan Al-Hakim dari Hudzaifah juga meriwayatkan dalam hadits yang lain: “Lirikan mata merupakan anak panah yang beracun dari setan, barang siapa meninggalkan karena takut kepada-Ku, maka Aku akan menggantikannya dengan iman sempurna hingga ia dapat merasakan arti kemanisannya dalam hati.”

Tapi mungkin juga ada di antara mereka yang mencoba “berdalih” dengan mengemukakan argumen berdasar kepada sebuah hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Imam Abu Daud berikut : “Barang siapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, atawa memberi karena Allah, dan tidak mau memberi karena Allah, maka sungguh orang itu telah menyempurnakan imannya.”Tarohlah mereka itu adalah orang-orang yang mempunyai tali iman yang kokoh, yang nggak bakalan terjerumus (terlalu) jauh dalam mengarungi “dunia berpacaran” mereka. Tapi kita juga berhak bertanya : sejauh manakah mereka dapat mengendalikan kemudi “perahu pacaran” itu ? Dan jika kita kembalikan lagi kepada hadits yang telah mereka kemukakan itu, bahwa barang siapa yang mencintai karena Allah adalah salah satu aspek penyempurna keimanan seseorang, lalu benarkah mereka itu mencintai satu sama lainnya benar-benar karena Allah ? Dan bagaimana mereka merealisasikan “mencintai karena Allah” tersebut ? Kalau (misalnya) ada acara bonceng-boncengan, dua-duaan, atau bahkan sampai buka aurat (dalam arti semestinya selain wajah dan dua tapak tangan) bagi si cewek, atau yang lain-lainnya, apakah itu bisa dikategorikan sebagai “mencintai karena Allah ?” Jawabnya jelas tidak !

Dalam kaitan ini peran orang tua sangat penting dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya terutama yang lebih menjurus kepada pergaulan dengan lain jenis. Adalah suatu keteledoran jika orang tua membiarkan anak-anaknya bergaul bebas dengan bukan muhrimnya. Oleh karena itu sikap yang bijak bagi orang tua kalau melihat anaknya sudah saatnya untuk menikah, adalah segera saja laksanakan.

Dikutip dari: http://www.indomedia.com/bpost/012000/24/opini/resensi.htm

 

Pacaran dalam Islam

Gimana sich sebenernya pacaran itu, enak ngga’ ya? Bahaya ngga’ ya ? Apa bener pacaran itu harus kita lakukan kalo mo nyari pasangan hidup kita ? Apa memang bener ada pacaran yang Islami itu, dan bagaimana kita menyikapi hal itu?

Memiliki rasa cinta adalah fitrah

Ketika hati udah terkena panah asmara, terjangkit virus cinta, akibatnya…… dahsyat man…… yang diinget cuma si dia, pengen selalu berdua, akan makan inget si dia, waktu tidur mimpi si dia. Bahkan orang yang lagi fall in love itu rela ngorbanin apa aja demi cinta, rela ngelakuin apa aja demi cinta, semua dilakukan agar si dia tambah cinta. Sampe’ akhirnya……. pacaran yuk. Cinta pun tambah terpupuk, hati penuh dengan bunga. Yang gawat lagi, karena pengen bukti’in cinta, bisa buat perut buncit (hamil). Karena cinta diputusin bisa minum baygon. Karena cinta ditolak …. dukun pun ikut bertindak.

Sebenarnya manusia secara fitrah diberi potensi kehidupan yang sama, dimana potensi itu yang kemudian selalu mendorong manusia melakukan kegiatan dan menuntut pemuasan. Potensi ini sendiri bisa kita kenal dalam dua bentuk. Pertama, yang menuntut adanya pemenuhan yang sifatnya pasti, kalo ngga’ terpenuhi manusia bakalan binasa. Inilah yang disebut kebutuhan jasmani (haajatul ‘udwiyah), seperti kebutuhan makan, minum, tidur, bernafas, buang hajat de el el. Kedua, yang menuntut adanya pemenuhan aja, tapi kalo’ kagak terpenuhi manusia ngga’ bakalan mati, cuman bakal gelisah (ngga’ tenang) sampe’ terpenuhinya tuntutan tersebut, yang disebut naluri atau keinginan (gharizah). Kemudian naluri ini di bagi menjadi 3 macam yang penting yaitu :
Gharizatul baqa’ (naluri untuk mempertahankan diri) misalnya rasa takut, cinta harta, cinta pada kedudukan, pengen diakui, de el el.
Gharizatut tadayyun (naluri untuk mensucikan sesuatu/ naluri beragama) yaitu kecenderungan manusia untuk melakukan penyembahan/ beragama kepada sesuatu yang layak untuk disembah.
Gharizatun nau’ (naluri untuk mengembangkan dan melestarikan jenisnya) manivestasinya bisa berupa rasa sayang kita kepada ibu, temen, sodara, kebutuhan untuk disayangi dan menyayangi kepada lawan jenis.

Pacaran dalam perspektif islam

In fact, pacaran merupakan wadah antara dua insan yang kasmaran, dimana sering cubit-cubitan, pandang-pandangan, pegang-pegangan, raba-rabaan sampai pergaulan ilegal (seks). Islam sudah jelas menyatakan: “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (Q. S. Al Isra’ : 32)

Seringkali sewaktu lagi pacaran banyak aktivitas laen yang hukumnya wajib maupun sunnah jadi terlupakan. Sampe-sampe sewaktu sholat sempat teringat si do’i. Pokoknya aktivitas pacaran itu dekat banget dengan zina. So….kesimpulannya “PACARAN ITU HARAM HUKUMNYA”, and kagak ada legitimasi Islam buatnya, adapun beribu atau berjuta alasan tetep aja pacaran itu haram.

Adapun resep nabi yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud: “Wahai generasi muda, barang siapa di antara kalian telah mampu seta berkeinginan menikah. Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan pandangan mata dan memelihara kemaluan. Dan barang siapa diantara kalian belum mampu, maka hendaklah berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penghalang untuk melawan gejolak nafsu.”
(HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majjah, dan Tirmidzi).

Jangan suka mojok atau berduaan ditempat yang sepi, karena yang ketiga adalah syaiton. Seperti sabda nabi: “Janganlah seorang laki-laki dan wanita berkhalwat (berduaan di tempat sepi), sebab syaiton menemaninya, janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan wanita, kecuali disertai dengan mahramnya.” (HR. Imam Bukhari Muslim).

Dan untuk para muslimah jangan lupa untuk menutup aurotnya agar tidak merangsang para lelaki. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya.” (Q. S. An Nuur : 31).

Dan juga sabda Nabi: “Hendaklah kita benar-benar memejamkan mata dan memelihara kemaluan, atau benar-benar Allah akan menutup rapat matamu.”(HR. Thabrany).

Yang perlu di ingat bahwa jodoh merupakan QADLA’ (ketentuan) Allah, dimana manusia ngga’ punya andil nentuin sama sekali, manusia cuman dapat berusaha mencari jodoh yang baik menurut Islam. Tercantum dalam Al Qur’an: “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).”
Wallahu A’lam bish-Showab

Oleh: Buletin Dakwah Remas RIHLAH SMU N I Sooko, edisi 6, 1421 H
Disalin dari Lembar Buletin Dakwah BINTANG (2)

Dikutip dari http://www.alislam.or.id/artikel/arsip/00000028.html

 

 

AKSARA

Assalamualaikum Wrwb !

Selamat Berjumpa Semuanya, Semoga kita semua mendapatkan rahmat Allah dan dilimpahkan kasih sayang karena kita berusaha menjadi kekasih –Nya. Amien !

Ini sekedar bacaan ringan disaat kita libur dari kegiatan rutin sehari hari yang terkadang menjenuhkan. Semoga setelah membaca, anda akan sedikit punya rencana ke depan. Amien !

Selamat membaca….
Pernahkah terbayang di benak Anda akan mendapatkan jumlah besar uang dalam
waktu singkat, apalagi ditengah badai krismon saat ini? Impian Anda ini akan segera terwujud dengan memanfaatkan fasilitas E-Mail.

Baiklah, tanpa berpanjang lebar, untuk mewujudkan impian Anda tersebut, .

Saya akan menawarkan kepada Anda suatu kesempatan emas berupa Arisan Kejujuran dan Sambung Rasa (disingkat AKSARA) lewat E-Mail.

Arisan ini akan mempererat tali persaudaraan se-Nusantara, hanya dengan uang Rp.10.000,- Anda akan memperoleh milyaran rupiah dalam waktu 3-5minggu.. Jangan kaget dan heran bila Anda mendapat e-mail ini dari orang yang tidak Anda kenal sebelumnya. Bahkan Anda sebaiknya patut senang dan bahagia, karena dengan cara yang tiba-tiba, Anda mendapat
E-Mail keberuntungan ini. Permainan ini sudah dimulai sejak tahun 1985 dan disponsori atau dimulai oleh seorang teman (dokter) yang baru kembali dari pendidikannya di Inggris.

Di Inggris program ini sudah memasyarakat, sukses dan sangat disukai, apalagi ditunjang dengan tersedianya fasilitas E-Mail. Karena itu, sebaiknya Anda yakin dan percaya bahwa ini tidak berkedok penipuan, apalagi merugikan Anda. Jangan ragu maupun takut-takut untuk
mencantumkan Nama, Alamat E-Mail dan Nomor Rekening Bank Anda karena rekening tabungan anda aman tidak akan terganggu atau berkurang, malah akan segera bertambah dengan cepat.

Jangan salah menuliskan Nomor Rekening Bank Anda, karena hal ini dapat merugikan diri Anda sendiri. Uang yang ditransfer dari seluruh pengirim akan masuk ke rekening yang salah. Permainan ini akan mempererat dan menambah tali persahabatan di antara kita sebangsa dan
setanah air. Jadi tidak ada unsur Politik, tidak mengganggu keamanan, TIDAK MELANGGAR HUKUM, malah justru kita telah menghidupkan rasa gotong royong dan saling Bantu membantu antar sesama.

Kunci dari permainan ini adalah kejujuran, Jangan pernah membohongi diri sendiri. Jangan mengambil posisi peserta yang telah lebih dahulu dari Anda karena hukum karma akan terjadi juga kepada Anda. (Kecurangan apapun sudah ada dalam formula ini)

Ingat ALAMAT E-MAIL PENGIRIM SURAT INI ADALAH E-MAIL ANDA SENDIRI, HARUS
SAMA DENGAN ALAMAT E-MAIL ANDA YG AKAN ANDA CANTUMKAN.

Dan yang lebih penting, jumlah uang yang ditransfer adalah Rp.10.000, tidak lebih dan tidak kurang. INILAH KUNCINYA !! Oleh karena itu permainan ini diberi nama \”Arisan Kejujuran dan SAmbung RAsa\” (AKSARA). Percayalah, tanpa kejujuran dari para peserta maka permainan ini akan gagal total dan tidak ada yang mendapat hasil maksimal!! Hanya dengan kejujuran maka semua akan mendapat ganjaran yang setimpal, segala bentuk kecurangan sudah diantisipasi.

Percayalah, kejujuran dan kesertaan Anda akan membuahkan hasil! Selamat bergabung bersama kami & sukses untuk semuanya!
Berikut Daftar Peserta <<

1. DENY PERMADI ( timekerjaonline@gmail.com ) a/c Bank Mandiri 131-00-0980272-1
2. PETRUS DEARDO PURBA ( petrusberhasil@yahoo.com ) a/c Bank BCA 8280111679
3. JOHAN EKA WARDANA ( shynjo25@gmail.com ) a/c Bank Syariah Mandiri 2487004092
4. INDRA PURBAYA (purbaya_i@yahoo.co.id) a/c Bank Jabar 0009174362100
PERSYARATAN DAN TATA-CARA:

Transfer uang sebesar Rp 10.000,- ke Rekening Bank ke masing-masing peserta no.1 s/d no.4
(lihat daftar peserta di atas), karena ini memang haknya.. Anda juga akan mengalami dengan sendirinya bila nama Anda sudah tercantum sebagai peserta. Sekali lagi, disini dituntut kejujuran dan keikhlasan Anda.

Ubahlah daftar peserta sebagai berikut:
- Hapus peserta posisi no.1 ( setelah anda transfer uang Rp.10.000).
- Ubah posisi peserta no. 2 menjadi no. 1. (setelah anda transfer uang Rp.10.000).
- Ubah posisi peserta no. 3 menjadi no. 2. ( setelah anda transfer uang Rp.10.000).
- Ubah posisi peserta no. 4 menjadi no. 3. ( setelah anda transfer uang Rp.10.000).
Untuk peserta posisi no.. 4 cantumkan Nama, Alamat E-Mail dan No.Rekening Bank ANDA.

Teliti nama dan nomor-nomor rekening yang Anda ketik ulang, jangan terjadi kesalahan, karena dapat merugikan peserta lain atau Anda sendiri.Untuk menghindari kesalahan sebaiknya Anda gunakan \”Cut\” dan \”Paste\” pada windows anda. Kirimkan E-Mail ini kepada orang lain
sebanyak-banyaknya (semakin banyak semakin baik), siapapun yang Anda inginkan teman, sahabat, saudara dan lain-lain, tentu saja setelah Anda mencantumkan nama Anda pada posisi nomor 4 Setelah mengirimkan e-mail tersebut, maka selesailah tugas Anda. Kirimkan secepatnya kepada orang lain setelah anda menerima e-mail ini. Semakin Cepat, semakin
baik, karena semakin cepat pula Anda mendapatkan hasilnya.Anda diminta untuk tidak serakah atau berbuat curang.

Ikuti petunjuk dengan seksama. Bersabarlah menunggu 3 – 5 minggu. Gunakan akal sehat akibat membanjirnya transfer di rekening Anda.Gunakan uang tersebut untuk hal-hal yang baik dan berguna, terutama pendidikan dan ibadah.

PERHITUNGAN MAKSIMUM PEROLEHAN ARISAN KEJUJURAN DAN SAMBUNG RASA

Kita ambil perumpamaan seorang mengirimkan 40 email:
POSISI 4 : Anda mengirimkan 40 e-mail ini kepada peserta …Anda.
POSISI 3 : Pada posisi ini E-Mail Anda akan tersebar ke 1.600 orang ( 40 x 40 ).
POSISI 2 : Pada posisi ini E-Mail Anda akan tersebar ke 64.000 orang (1600 x 40).
POSISI 1 : Pada posisi ini E-Mail Anda akan tersebar ke 2.560.000 orang
(64.000 x 40).Ini berarti 2.560.000 x Rp 10.000 = Rp 25.600.000.000 (Dua Puluh Lima
Milyar Enam Ratus Juta Rupiah). FANTASTIS bukan!!!

Ya, angka di atas adalah bukan hasil tipu menipu tetapi berdasarkan perhitungan logis formula matematika. Ingat, ini bukan bisnis penggandaan uang melainkan arisan gotong royong dengan jumlah yang nyaris tidak seberapa (Rp.10.000,-) tetapi memanfaatkan jumlah rakyat Indonesia yang besar dan juga jaringan internet.

AKAN TETAPI PATUT DIINGAT!!! Angka di atas adalah hasil maksimum, yaitu bila semua peserta benar-benar berpartisipasi dengan mengirimkan e-mail ini dan mentransfer uangnya ke orang-orang yang ditentukan. Harus diakui, jarang terjadi hal ideal seperti diatas bukan?
Maka mari kita melihat apa yang terjadi bila kita ambil pendekatan pesimistik, yaitu dimisalkan dari setiap peserta hanya mengedarkan e-mail ini ke 20 orang saja.

PERHITUNGAN PESIMISTIK PEROLEHAN ARISAN KEJUJURAN DAN SAMBUNG RASA

Kita ambil perumpamaan seorang mengirimkan 20 email:
POSISI 4 : Anda mengirimkan 20 e-mail ini kepada peserta Anda.
POSISI 3 : Pada posisi ini E-Mail Anda akan tersebar ke 400 orang (20 x 20).
POSISI 2 : Pada posisi ini E-Mail Anda akan tersebar ke 8000 orang (400 x 20).
POSISI 1 : Pada posisi ini E-Mail Anda akan tersebar ke 160.000 orang (8.000 x 20).
Ini berarti 160.000 orang akan mengirimkan Rp.10.000 (sepuluh ribu rupiah) kepada Anda = 160.000 x Rp 10.000 = Rp 1.600.000.000 (Satu Milyard Enam Ratus Juta Rupiah)

SAMA SEKALI BUKAN HASIL YANG JELEK !!

Apabila pada setiap putaran hanya ada : 15 penerima E-mail yang ikut,
Anda menerima 15x15x15x15xRp.10.000 = Rp.506.250.000.
10 penerima E-mail yang ikut, Anda menerima10x10x10x10xRp.10.000 = Rp..100.000.000.
5 penerima E-mail yang ikut, Anda menerima 5x5x5x5xRp.10.000 = Rp.6.250.000.
Terlalu sedikit? Janganlah serakah, tetapi bersyukurlah dengan hasil pendapatan demikian!! Tidakkah modal Anda hanya Rp.10.000?

PESAN KAMI:

Dengan MODAL KEJUJURAN DAN KEYAKINAN! Anda dapat mengikuti Arisan ini dan
berhasil. Hargailah kebaikan orang lain yang telah berusaha membahagiakan Anda. Sekali lagi, jangan lupa, apabila Anda menyalin:  Nama, Alamat e-mail dan No. Rekening Bank peserta harus sama dan benar.Harap diteliti kembali sebelum dikirimkan ke peserta lain.

Ingat !!!!!!!!!
Orang gagal adalah orang yang tidak pernah berani mencoba dan mengambil tindakan.
Hanya dengan keyakinan Anda, Anda dapat mencapai apa yang Anda inginkan !!!
Jangan pernah menunda keinginan anda untuk bergabung karena anda akan kehilangan kesempatan yang lebih besar Selamat atas keputusan dan keberuntungan Anda ikut serta dalam Arisan ini !

INGAT SEKALI LAGI !!!

Anda hanya mengirim uang sekali saja, mudah bukan? Setelah itu forward informasi ini kepada yang lain sebanyak 40 nama teman/kenalan Anda setelah Anda mencantumkan nama Anda pada urutan keempat ( selalu ada hanya 4 nama ). Maka urutan 2 berubah menjadi 1,
urutan 3 berubah menjadi 2, urutan 4 berubah menjadi 3, dan nama Anda ada diurutan keempat (4). Ingat 40 nama, lebih banyak lebih baik.
Anda dapat mempromosikan via Facebook, twitter, dan layanan jaringan social  lainnya.

Terakhir kami ucapkan SELAMAT kepada anda yang telah menerima brosur ini dan
telah mengedarkannya pula kepada saudara-saudara kita yang lain. Dan jangan lupa untuk bersyukur atas rejeki yang telah dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita dengan berzakat (20% untuk hadiah ini) atau menyisihkan sebagian untuk fakir dan miskin.

SELAMAT BERGABUNG DENGAN NIAT YANG BAIK. TUHAN PASTI MENGABULKAN, AMIN.
WASSALAAMU\’ALAIKUM DAN SALAM SEJAHTERA

Hormat kami,
Indra Purbaya
083820802008
 

 

Apa yang akan dilakukan ?

Tahun 2012 adalah tahun dimana kita dapat memulai segala kebaikan  yang mungkin belum pernah dilakukan. Banyak sekali kebaikan kebaikan yang terlewatkan, dan kita sebetulnya mengalami banyak kerugian yang tidak kita sadari. Kebaikan identik dengan amal, berarti semakin banyak kebaikan semakin banyak juga amal.  Kebaikan apa yang pernah anda lakukan ?

Bila anda sulit mencari atau mengingat berapa banyak kebaikan yang anda perbuat, cobalah jawab pertanyaan berikut ini :

1. Apakah anda mudah memberikan senyuman kepada setiap orang ?

2. Apakah anda selalu mengucapkan salam bila bertemu dengan setiap orang ?

3. Apakah anda menyayangi semua orang seperti saudara sendiri ?

4. Apakah anda seorang pemaaf ?

5. Pernahkah anda menaruh dendam ke seseorang ?

6. Pernahkah anda mengajak seseorang shalat berjamaah ?

7. Pernahkah anda memberikan sedikit saja rezeki yang anda miliki ?

8. Apakah anda selalu memberi kepada pengemis ?

9. Apakah anda suka bersedih bila anda tidak mampu menolong seseorang ?

10. Apakah anda merasa bersalah bila anda tidak bersilaturahmi kepada teman atau saudara anda ?

Masih banyak pertanyaan yang dapat anda ajukan. Dan silahkan anda jawab dengan kejujuran.

Nah di tahun 2012 ini utamakanlah kejujuran. Insya Allah di tahun ini kita menjadi manusia yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Apa Strategimu di Semester 2 ?

Semester 1 telah berlalu, Alhamdulillah semuanya tuntas ya….

Sekarang mari kita hadapi semester 2 yang menentukan anda naik kelas atau tidak. Tentunya akan sangat berbeda perlakuan anda dalam belajar. Nilai semester 1 anggap saja sebagi motivasi untuk belajar dan sekarang anda diuji untuk membuktikan bahwa nilai yang anda peroleh itu memang pantas untuk anda.

Di semester 2 ini anda akan mendapatkan banyak tugas, maka anda harus sering membuka “Nivitasya’s Blog” ini. Bila anda mengerjakan semua tugas dengan senang hati, anda pasti dijamin sukses.

Jangan terlalu sibuk dengan kegiatan ekskul atau kegiatan lain yang aneh aneh. Kegiatan ekskul yang bermanfaat untuk anda mungkin hanya

Tekijutsu

Tekijutsu, karena dalam kegiatan Tekijutsu akan diberikan bimbingan belajar kimia gratis.

Nah untuk siswa kelas X dan XI yang mau terus ikut ekskul tetapi mendapatkan manfaat ganda maka ikuti aja ekskul Tekijutsu. Pasti Untung !! Tapi ekskul ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang memang punya motivasi untuk maju. Anda boleh coba dulu ! Kalau tidak ada manfaatnya untuk anda, maka tidak perlu dilanjutkan.